Selasa, 02 Agustus 2011

Toyota Siap Bikin Mobil Murah di China, Brazil dan Indonesia

Toyota Motor Corp siap memproduksi mobil murah untuk pasar China. Selain China, Indonesia pun dikabarkan akan kebagian jatah mobil murah dari Toyota.

Toyota seperti diwartakan Nikkei dan dilansir Reuters, Senin (1/8/2011) mengatakan akan segera meluncurkan sebuah mobil yang didisain untuk pasar China pada tahun 2013 mendatang.

Mobil tersebut diperkuat oleh mesin berkapasitas 1.5 liter, sedikit lebih besar dari Etios yang sukses di India. Harga mobil tersebut kabarnya berada di kisaran 1 juta yen atau sekitar Rp 110 juta.

Untuk mewujudkan hal itu, Toyota pun menyiramkan investasi senilai 40 miliar yen atau sekitar Rp 4,39 triliun untuk memproduksi 200 ribu unit mobil pertahun.

Dengan mobil yang akan diproduksi bersama dengan dua rekanan mereka di China, China FAW Group Corp dan Guangzhou Automobile Group Co tersebut, Toyota yang mendapat pangsa pasar sekitar 5 persen di China pun berharap kalau penguasaan pasar di negeri Tirai Bambu akan meningkat.

Di India, Toyota juga berencana akan meningkatkan produksi mobil murah Etios menjadi sekitar 190 ribu unit pada tahun 2013 mendatang dari produksi 80 ribu unit saat ini.

Sementara di Brazil, Toyota juga berencana akan memproduksi 70 ribu mobil murah pertahun mulai pertengahan 2012 mendatang. Begitu pula di Indonesia, Toyota siap memproduksi mobil murah pula di nusantara.


( ikh / ddn /dtk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar