Senin, 08 Agustus 2011

Ganti oli, sebaiknya waktu mesin panas atau waktu mesin dingin ?



Ganti oli, pilih diwaktu mesin panas apa diwaktu mesin dingin?

kali ini kita membahas tentang penggantian oli sepeda motor, sepeda motor pasti memerlukan oli dan oli tersebut harus diganti berkala dalam jangka waktu tertentu. Namun ada dua pendapat tentang penggantian oli ini, pendapat yang pertama menyarankan sebelum ganti oli mesin harus dipanasin dulu agar kotoran didalam mesin turun kebawah bak mesin.

Pendapat yang kedua menyarankan mengganti oli baiknya disaat kondisi mesin masih dingin atau belum dipakai atau disaat pagi hari ketika mesin telah istirahat semalaman. Setelah diskusi dengan beberapa mekanik bengkel resmi sebuah atpm, makanik balap dan seorang rekan yang bekerja sebagai maintenance disebuah perusahaan rotan, mereka sepakat lebih baik mengganti oli disaat kondisi mesin dingin (motor telah istirahat semalaman).berikut alasan-alasan yang memperkuat argumentasi tersebut :

1. dikala mesin sudah menginap semalam, secara teori cairan akan mengalir menuju permukaan yang lebih rendah dan yang namanya oli bila mengalir pada saat-saat akhir.. tetesannya mengalir lelet banget karena sudah menginap semalaman (katakanlah 10 jam).. posisi oli sudah dibagian bawah bak mesin semua. jadi ketika tutup oli dibuka, oli didalam mesin beserta kotoran spontan keluar semua tanpa perlu disemprot-semprot segala sembari menunggu tetesannya habis, motor dimiringkan kekiri lalu dimiringkan kekanan, diduduki jok belakangnya agar motor “jengat” agar sisa-sisa oli disela-sela bak kopling bisa ikut keluar

Lalu kenapa bengkel-bengkel sepeda motor tidak menerapkan cara yang tadi?? yah..karena masalah waktu dan kejar setoran :mrgreen: Semua kembali pada biker sipemilik sepeda motor. Bila memiliki waktu dan bisa mengganti oli sendiri, lebih baik menggati oli disaat mesin dalam kondisi dingin. bagi biker yang tidak memiliki cukup waktu dan belum bisa mengganti oli sendiri, lebih baik ganti oli disaat mesin panas atau dibengkel saja

Waspada!! Jangan menyemprot lubang tempat memasukkan oli dengan angin kompressor, karena angin kompresor mengandung uap air yang bisa menimbulkan karat pada part-part yang terbuat dari logam didalam mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar