Sabtu, 06 Agustus 2011

Batok Lampu Motor Unik dari Yogyakarta



Bila kita selalu beranggapan inovasi di industri otomotif hanya didominasi oleh negara-negara maju. Coba pikir lagi. Sebab, anak muda Indonesia pun ternyata banyak yang memiliki kreativitas tinggi.

Contohnya, anak muda asal Yogyakarta ini yang dengan kreatif menciptakan batok lampu dengan berbagai karakter mulai dari Scream, beberapa tokoh Transformers hingga kepala alien ini.

Adalah Andika Kairuliawan, seorang pemuda asal Yogyakarta yang dengan cerdik menciptakan berbagai headlamp yang berbentuk berbagai action figure.

Di tangan Andika, berbagai tokoh fiksi di berbagai film bisa dengan menawan menghiasi bagian muka motor.

Mulai dari tokoh Optimus Prime, Megatron dan BumbleBee dari film Transformers, Predator Series, Kamen Rider Oz Gonozzo, Alien, Scream Mask hingga Ghost Rider bisa diwujudkan ke dalam bentuk headlamp yang akan membuat motor tampil beda dan unik.

Awalnya, Andika iseng mengotak-atik motor Yamaha Byson, namun akhirnya hal itu menular pada motor lainnya.

Andika tadinya hanya berniat membuat batok headlamp ini untuk mengikuti lomba inovasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Di ajang ini, Andika berhasil merebut juara 1 untuk tingkat Yogyakarta.

"Oktober nanti naik ke tingkat nasional," cetusnya kepada detikOto, Jumat (5/8/2011).

"Saya buat dari bahan fiber, warna dan ukuran bisa disesuaikan motor dan kemauan si pemesan," jelasnya.

Andika lalu kembali menjelaskan kalau seluruh produknya tersebut dibuat di workshop miliknya bernama Balu Oto Work yang baru 2 bulan ini dia dirikan.

Tapi meskipun masih berumur relatif muda jangan remehkan pemuda yang satu ini, sebab hasil tangan dingin Andika ternyata sudah menyebar luas ke berbagai pelosok nusantara. Bahkan ke luar negeri.

"Kalau Indonesia sudah banyak, dari berbagai daerah. Sudah sampai luar negeri juga. Saya sudah kirim ke Filipina dan Meksiko," imbuh pemuda yang baru lulus kuliah ini.

Untuk harganya, produk unik ciptaan Andika ini pun tidak memiliki banderol harga yang mahal. Tiap headlamp dihargai hanya dengan harga Rp 350 ribu sampai Rp 500 ribu, itu pun sudah dilengkapi dengan dudukan dan satu set lampu halogen Philips 20W yang akan menjadi mata tiap tokoh tadi.

"Semua headlamp saya sudah plug n play. Jadi tinggal dipasang tanpa perlu merubah apa-apa," tuntasnya.


( syu / ddn /dtk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar