Jumat, 05 Agustus 2011

Ini Dia, Mobil Konsep ala India Bertenaga Matahari

Inovasi dalam dunia otomotif terus berlanjut. Kini ada sebuah mobil konsep yang memadukan mesin bensin dengan tenaga matahari. Uniknya, mobil konsep ini adalah buatan disainer asal India, Sunil Konjaril.

Meski baru konsep, mobil bermodel Sport Utility Vehicle (SUV) ini sudah menawarkan konsep sangat radikal. Terlihat wujud tubuhnya yang terkesan sangar dan macho yang terinspirasi 2 unsur alam yakni udara dan air.

Selain, dari tampangnya, perpaduan dua unsur juga terlihat dari betapa kompaknya teknologi hybrid yang digunakan Sunil untuk mobil konsepnya ini. Bila biasanya mobil hybrid hanya berkutat di perpaduan mesin bensin dan motor listrik yang disokong oleh tenaga dari listrik rumah, Sunil beda lagi.

Sebab pada mobil ini, mesin bensin yang tidak dijelaskan berapa kapasitasnya bersama solar cell dapat berpadu bersama. Sunil tidak lagi mengandalkan energi listrik dari charger yang berada di rumah atau di kantor sebagai sumber tenaga yang tersimpan di baterainya, melainkan memilih energi matahari.

Energi yang dihasilkan dari panas matahari itu ditangkap oleh solar cell untuk kemudian digunakan sebagai generator dan mengisi tenaga pada baterai. Sementara sistem regenerative braking juga disematkan untuk mengotimalkan kinerja motor listriknya.

Namun sayang, mobil yang tampangnya terlihat cukup sangar berkat roda pacul di keempat kaki-kakinya ini belum memiliki kejelasan kapan akan masuk dapur produksi.



( syu / ddn /dtk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar